jayapura :)


 




assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh 😊😊

         Jayapura. Pasti banyak yang bertanya-tanya gimana sih jayapura itu? buat kalian yang belum pernah dan belum terpikir untuk pergi ke jayapura nih nisha kasih gambaran tentang gimana sih jayapura itu. jayapura merupakan ibukota dari Provinsi Papua, memang jauh jika dilihat dari peta dimana Jayapura terletak di ujung pulau Papua. Saya lahir di Jayapura 21th yang lalu. saya bersekolah di taman kanak-kanak Hikmah 1 Yapis Jayapura, kemudian di lanjutkan dengan SD Hikmah 1 yapis Jayapura, lalu SMP N 1 jayapura dan terakhir SMA N 2 jayapura. Setelah lulus SMA saya melanjutkan sekolah saya di Yogyakarta. banyak sekali pertanyaan-pertanyaan klise yang saya hadapi seperti "di jayapura itu ada mall gak?" atau "di jayapura bahasanya gimana?", "aman gak sih tinggal di jayapura? hingga pertanyaan "kalau rumah kamu ke Freeport jauh gak?", pasti anak-anak papua yang merantau sering mendapat pertanyaan-pertanyaan seperti ini juga. Jadi ini nisha bagi-bagi informasi yah, di jayapura sudah ada mall salah satunya adalah mall jayapura. 

 hotel juga sudah banyak sekali, jayapura juga sudah mengalami yang namanya macet walaupun tidak parah tetapi hal ini menunjukan adanya peningkatan jumlah penduduk di wilayah tersebut. untuk Bahasa kami menggunakan Bahasa Indonesia hanya saja terkadang dibubuhi dengan logat khas Papua seperti kalimat "tong pi mall kah?" yang artinya "kita pergi ke mall yuk" tetapi tidak ada Bahasa khusus yang dipakai sehari-hari karena penduduk jayapura juga terdiri dari sabang hingga merauke. kalau ditanya aman atau tidak tentu saya akan bilang aman, buktinya setelah saya merantaupun, saya tetap ingin pulang :). budaya yang beragam dan toleransi beragama yang tinggi menjadi ciri khas tempat ini. oh iya adalagi yang paling bikin rindu untuk pulang yaitu makanannya. 
buat kalian yang nanti entah karena pekerjaan atau sekedar ingin menjelajahi negeri lalu singgah di jayapura jangan lupa untuk mencicipi ikan bakar. ada banyak rumah makan yang menyajikan ikan bakar khususnya di daerah ruko. biasanya ramai dikunjungi pada malam hari karena dapat menikmati ikan bakar sekaligus menikmati jayapura di malam hari. atau cobalah untuk singgah di salah satu rumah makan yang berada di dekat pelabuhan 
kurang lebih seperti ini konsepnya, tempatnya nyaman dan makanannya enak. untuk harga terbilang wajar kok apa lagi dengan taste yang disajikan. jadi buat kalian yang ke jayapura wajib cobain makan ikan bakarnya dan saran aja sih kalau kejayapura jangan masuk mallnya karena sama kayak mall pada umumnya mending petualang ke pantai, ke gunung jayapura city hingga ke bukit teletabis atau danau love sensasi perjalanan menuju lokasi bakal jadi pengalaman yang seru.
 

 untuk pertanyaan terakhir tentang jarak rumah saya dengan Freeport, gini guys itu jauh harus naik pesawat 45 menit kita memang satu pulau tetapi tidak ada jalan darat yang menyatukan jayapura dengan timika, wamena, nabire, fak-fak, sorong dan manokwari setidaknya sampai hari ini belum ada jalan darat karena masih tertutup hutan jadi transportasi kami untuk sampai di daerah-daerah tersebut harus dengan pesawat. see, gimana serunya tinggal di Papua?. 

sekian untuk tulisan pertama ini semoga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul ketika membicarakan jayapura, kalau masih ada yang ingin ditanyakan silahkan ditanyakan :). nanti akan saya bahas lagi beberapa tempat yang pernah saya kunjungi di jayapura dan sekitarnya di post berikutnya ya.
terimakasih, wassalamualaikum :) 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Untuk Senja yang Masih Sama"

"Sayembara 30 Hari"